Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD Gelombang 1 Tahun 2020

Adanya COVID-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat Indonesia, tetapi COVID-19 juga berdampak pada kehidupan masyarakat yang khususnya tentang perekonomian masyarakat luas. Banyak dari mereka yang pendapatannya menjadi jauh berkurang dari yang biasanya mereka terima, bahkan banyak dari mereka yang harus kehilangan pekerjaan.

Pemerintah ikut turun tangan untuk membantu atau mengurangi beban masyarakat yang terkena dampak dari COVID-19 ini, lewat Dana Desa pemerintah memberikan BLT (Bantuan Langsung Tunai) yang awalnya perorang mendapatkan Rp. 600.000 selama tiga bulan, terhitung dari bulan April, Mei dan Juni. Tetapi karena keadaan yang belum bisa kembali normal, bantuan inipun diperpanjang dengan memberikan bantuan lagi dengan nominal Rp. 300.000 per orang sebanyak 3 bulan terhitung bulan Juli, Agustus dan September yang juga bersumber dana dari Dana Desa.

Desa Pakisrejo telah memberikan BLT Dana Desa gelombang pertama sebanyak 3 tahap. Tahap pertama dilakukan pada hari Rabu 22 Mei 2020, tahap kedua dilaksanakan pada hari Kamis 10 Juni 2020, dan tahap 3 pada hari Senin 29 Juni 2020 dengan jumlah 75 KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

Acara ini diadakan di Kantor Desa Pakisrejo, dan dihadiri oleh Bapak Camat Rejotangan, Bapak Kepala Desa Pakisrejo, para perangkat desa, pendamping lokal desa, Bapak BABINSA dan 75 KPM. Para penerima manfaat tersebut datang ke Kantor Desa dengan membawa Fotokopi KTP, KK 1 lembar, yang setalahnya melakukan tanda tangan untuk tanda terima bantuan dan daftar hadir, lalu para KPM difoto dengan membawa Banner dan uang sebagai bahan dokumentasi. Para undangan juga diminta datang dengan menggunakan masker dan duduk yang telah diberi jarak , yang sesuai dengan protokol kesehatan.

Kami berharap, bantuan yang telah diberikan kepada KPM dapat bermanfaat untuk keluarga para penerima, dan dapat mengurangi beban masyarakat. Kami juga berharap semoga pandemi ini segera berakhir, agar semua bisa kembali normal seperti biasa.

Jangan lengah, selalu pakai masker saat kelaur rumah. Semoga ini lekas berakhir.

 

                 

 

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?